Home / Kegiatan / LDII Gondokusuman Selenggarakan Orientasi Seputar Pengajian (OSPEG) bagi MABA

LDII Gondokusuman Selenggarakan Orientasi Seputar Pengajian (OSPEG) bagi MABA

logo-ldii-rev-3-e1459182440529[LDII DIY] Yogyakarta dikenal sebagai kota pelajar, budaya dan pariwisata. Setiap tahun para mahasiswa baru terus berdatangan hendak melanjutkan pendidikannya di Kota Yogyakarta. Banyak fasilitas pendidikan tersedia di sini, seperti: perpustakaan dengan akses jurnal bereputasi, toko buku murah, lembaga kursus ketrampilan dan tempat magang berkualitas, dll. Selain hal-hal positif tersebut, mahasiswa baru seyogyanya juga mewaspadai ancaman pergaulan bebas, narkoba dan pengaruh buruk lainnya. Untuk itu, para mahasiswa diharapkan mempunyai bekal keimanan yang kuat agar tidak mudah terpengaruh dan mampu menjadi insan yang faham agama (alim dan faqih) serta berbudi bekerti yang luhur.

Mengingat kondisi demikian, PC LDII Gondokusuman, Kota Yogyakarta, menyelenggarakan kegiatan rutin setiap tahun yang bernama Orientasi Seputar Pengajian (OSPEG). OSPEG kali ini diikuti oleh lebih dari 100 mahasiswa baru (MABA) dan diadakan di Masjid Jami’ Ar Royan Kepuh mulai bakda Ashar hingga pukul 21.00 WIB, 4/9. Tujuannya adalah untuk sharing pengetahuan kepada para mahasiswa baru mengenai kehidupan perkuliahan, fasilitas pendidikan di Yogyakarta, serta program pembinaan mahasiswa dan pengajian di lingkungan PC LDII Gondokusuman, seperti Pondok Pesantren Mahasiswa (PPM), Generasi Penerus (GP), serta beberapa kegiatan komunitas. Selain itu, sesama mahasiswa baru yang sedang menempuh studi di Yogyakarta dapat saling ta’aruf satu sama lain.

Menurut Rizky Amalia Royani, mahasiswa Jurusan Kimia UGM, OSPEG sangat bermanfaat bagi mahasiswa baru karena dengan adanya kegiatan ini mahasiswa dapat saling mengenal dan mendapatkan informasi seputaran kampus. Di samping itu, isi kegiatannya juga sangat bagus karena ada nasehat agama, presentasi komunitas, dsb. “Saya jarang menemukan acara seperti ini. Ini sangat bagus dan semoga kegiatan ini tidak berhenti sampai di sini saja, tetapi dapat terus berlanjut setiap tahunnya,” tambah Rizky di sela-sela OSPEG berlangsung. “Dengan adanya OSPEG seperti ini kita bisa mengenal satu sama lain, baik maba dari universitas sendiri maupun universitas lain. Acara OSPEG sangat bagus,” jelas Yihan Ifi, mahasiswa Jurusan Sastra Inggris UAD.

“Wawasan saya menjadi terbuka bahwa sebagai mahasiswa baru kita harus memiliki karakter yang professional dan religious. Keilmuan dunia memang harus dikejar, namun dengan tanpa mengesampingkan keilmuan akhirat. Saya berharap acara seperti ini supaya dapat diselenggarakan lagi pada tahun depan dengan lebih baik lagi, karena dapat membantu mahasiswa baru beradaptasi dalam lingkungan perkuliahan dan pengajian di Yogyakarta” ujar Fuad, peserta OSPEG 2016.

Panitia berhasil mengemas acara dengan baik. Nasehat agama, presentasi komunitas, dan pengenalan wilayah berjalan dengan lancar. Harry Prasetyo, salah satu panitia menambahkan “Alhamdulillah acara hari ini berjalan lancar. Harapannya supaya seluruh mahasiswa baru bisa sukses dalam keilmuan dunia melalui perkuliahan dan juga keilmuan akhirat dengan intensif mengikuti pengajian yang diselenggarakan oleh PC LDII Gondokusuman”.

OSPEG 2016 ini merupakan event yang diselenggarakan sebagai pra keakraban mahasiswa baru binaan LDII DIY yang lebih besar lagi bertajuk Akrab Muda 2016 pada 22-23 Oktober mendatang. Pada tahun berikutnya, diharapkan keakraban yang melibatkan semua angkatan mahasiswa se-PC Gondokusuman dapat diwujudkan (LINES DIY: Nurv/Tam/Ihwan)

About @ 77

Check Also

Tribun Jogja: Pengurus DPD LDII Kota Yogyakarta Dikukuhkan

Kepengurusan baru Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kota Yogyakarta masa bakti …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.