Home / Artikel / Menjadi Pemuda Inspiratif

Menjadi Pemuda Inspiratif

ldiidiy

Inspiratif itu bermakna memberikan inspirasi atau memberikan ilham yang baik kepada orang lain. Itulah yang ditanamkan kepada kepengurusan remaja masjid LDII se-DPD Sleman dalam acara pembinaan yang dilaksanakan selama 3 hari di Wonosari yaitu pada tanggal 5 sd 7 Juni 2015. Acara yang dihadiri oleh 70 peserta tersebut sangat menyentuh hati para peserta. Banyak materi yang diberikan oleh bapak Mulyono,MA mengenai menjadi pemuda yang inspiratif.

Pemateri menggambarkan kisah wortel, telur, dan bubuk kopi. Ketiga benda tersebut dimasak dalam panci yang berisi air panas. Air panas adalah gambaran dari permasalahan/tantangan dalam hidup. Wortel adalah benda yang sebelumnya keras namun setelah dimasak dalam panci dengan air panas menjadi benda yang lembut, diartikan sebelumnya kita menjadi diri yang kuat dan tegas namun setelah mendapat permasalahan justru kita menjadi diri yang lemah, kehilangan harapan dan menyerah. Telur adalah benda yang sebelumnya lembut namun setelah dimasak dalam panci dengan air panas menjadi benda yang keras diartikan sebelumnya kita menjadi diri yang lemah lembut penuh kasih sayang namun setelah mendapat permasalahan justru kita menjadi diri yang egois, pemarah, serta tak peduli kepada siapapun. Sedangkan bubuk kopi adalah benda yang mampu mengubah permasalahan menjadi lebih indah, bubuk kopi menjadi diri yang berpengaruh bukan terpengaruh, bubuk kopi yang merubah air, bukan air yang mengubah kopi, air panas menjadi berubah warna serta harum baunya dan enak rasanya, maka jadilah seperti bubuk kopi.

Setelah mendapat materi inspiratif peserta juga diberikan pembinaan dalam kesemangatan. Seluruh peserta dititipkan kerumah warga di desa Panggang, Gunungkidul. Selama bergaul dengan warga peserta juga membantu warga dalam mencari rizqi sehari-hari. Peserta juga dituntut untuk belajar tata krama adat jawa. Diharapkan acara ini menjadikan para peserta menjadi diri yang inspiratif, semangat, bersyukur, sabar dalam permasalahan.(majid)

About LDII DIY

Check Also

Mengenal Sedikit Kehidupan PPM Yogyakarta.

Pondok Pesantren Mahasiswa (PPM) merupakan salah satu lembaga pendidikan yang di kelola oleh Lembaga Dakwah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.