Home / Kegiatan / Workshop Program Kreativitas Mahasiswa 5 Bidang

Workshop Program Kreativitas Mahasiswa 5 Bidang

Acara LDII DPD Yogyakarta
Acara LDII DPD Yogyakarta

Yogyakarta(25/06)-Di dalam dunia pendidikan ada yang disebut Tri Dharma Perguruan Tinggi dan merupakan salah satu dasar tanggung jawab mahasiswa yang harus dikembangkan secara simultan dan bersama-sama. Salah satu isi Tri Dharma Perguruan Tinggi itu adalah Penelitian dan Pengembangan. Penelitian dan Pengembangan itu kegiatan yang mempunyai peranan yang sangat penting dalam kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Seorang mahasiswa yang aktif tentunya senang mengikuti hal-hal yang membuat dia ingin tahu dengan kegiatan apapun yang menurut dia bermanfaat untuk dirinya, namun terkadang dia lupa untuk melakukan hal apapun yang bermanfaat baik untuk dirinya maupun orang lain.

Maka dari itu, dalam hal pengembangan kreativitas generasi penerus remaja LDII yang aman, Tim pengembangan kemandirian mengadakan “Workshop Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang” bertujuan untuk mengasah kemandirian dan kreativitas generasi penerus remaja LDII. Workshop ini diadakan di Pogung pada hari Kamis, 25 Juni 2015 dan peserta yang mengikuti workshop ini juga antusias.

Pembicara dalam workshop tersebut adalah remaja yang aktif dan telah berkontribusi di kampusnya. Mereka adalah Waritsa Nur Fadhillah dan Khoir Eko Pambudi. Sebut saja panggilannya Icha, anak remaja yang menempuh kuliah di Universitas Gajah Mada (UGM) fakultas teknologi hasil hutan yang satu ini sangat aktif di organisasi baik itu jurnalis, Lembaga Eksekutif Mahasiswa (LEM), dan Koalisi Pemuda Hijau Indonesia (KOPHI). Namun, di sisi keaktifannya di organisasi dia masih merasa ada yang kurang yaitu produktifitas ataupun kontribusi dirinya terhadap dirinya dan orang lain. Karena itulah, dia memberanikan diri untuk mengikuti kompetisi-kompetisi seperti PKM atau pun LKTI dan luar biasanya Icha berhasil meraih itu semua dan baru saja meraih Silver Medali kategori Asian Young Inventors Exhibition (AYIE) 2015, Malaysia. Kepulangannya dari Malaysia tidak melupakan dirinya untuk tidak berbagi ilmu dan pengalaman terhadap generasi penerus remaja LDII. Alhasil Icha berbagi pengalaman, ilmu, serta trik dan tips untuk lolos dalam PKM maupun karya ilmiah tulisan dan penelitian. Icha berpesan,” untuk menjadi mahasiswa yang aktif dan berproduktif”.

Selain Icha, kita sapa saja Khoir adalah mahasiswa aktif yang menempuh kuliah di UGM Teknik Kimia. Khoir sama halnya dengan Icha bukan hanya aktif, namun produktivitas juga harus ada. Khoir yang terlebih dahulu berkecimpung di dunia kompetisi seperti PKM maupun LKTI, tidak pelit ilmu maupun pengalaman yang telah digapai hingga tingkat nasional berkali-kali. Beliau berbagi ilmu dan pengalaman dengan Icha yang saat itu masih junior, namun di mata Khoir, sosok Icha adalah sosok yang berani dan lebih jago ketimbang dirinya. “

Memang betul murid itu lebih pintar ketimbang gurunya”, kata Khoir. Pesan Khoir untuk para generasi penerasi remaja LDII,bahwa jangan pernah takut untuk bebas berkreasi maupun berkreatifitas.

About LDII DIY

Check Also

Tribun Jogja: Pengurus DPD LDII Kota Yogyakarta Dikukuhkan

Kepengurusan baru Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kota Yogyakarta masa bakti …

One comment

  1. Good. Ajkh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.