Home / Artikel / PC LDII Depok Hadiri Sinau Pancasila Badan Kesbangpol DIY

PC LDII Depok Hadiri Sinau Pancasila Badan Kesbangpol DIY

LDII Depok
Ketua PC LDII Depok H. Dody Irawan,S.E.

Yogyakarta (15/7) – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi DIY kembali menggelar acara Sinau Pancasila dan Wawasan Kebangsaan di Hotel Arjuna Jalan Pangeran Mangkubumi, Yogyakarta. Kegiatan diikuti peserta dari berbagai ormas dan perhimpunan mahasiswa, Kamis (14/7/2022). Ketua PC LDII Kapanewon Depok, H. Dody Irawan, S.E., turut hadir dalam acara tersebut.

Terdapat empat narasumber yang menyampaikan materi. Yakni Widyaiswara BKKBN DIY drs. Witono, M.Kes., Kasi B Asisten Intelijen Kejaksaan Tinggi DIY Amrizal Fahmy, S.H., motivator psikologi Shinta, S.Pd. (Bunda Cinta), dan Ketua Komisi A DPRD DIY bidang pemerintahan Eko Suwanto, S.T., M.Si.

Witono dalam materinya memaparkan tentang bagaimana menanamkan nilai-nilai Pancasila dan moral melalui keluarga dengan 8 fungsi keluarga. Yaitu fungsi agama, fungsi sosial budaya, fungsi cinta kasih, fungsi perlindungan, fungsi reproduksi, fungsi sosialisasi dan pendidikan, fungsi ekonomi, dan fungsi pemeliharaan lingkungan.

“Mengutip dari Yudi Latief, prinsip keadilan adalah inti dari ketuhanan, landasan pokok dari kemanusiaan, simpul persatuan dan matra kedaulatan rakyat,” kata Witono.

Kedua, lanjut Witono, generasi muda/pemuda bertanggungjawab atas peningkatan SDM untuk keberlangsungan kehidupan bangsa. Witono meminta generasi muda kembali mengingat peran pemuda pada tahun 1908, 1928, 1945, 1966, 1988 dan 1998. “Perlu pemahaman, pelatihan, dan pembiasaan agar nilai-nilai Pancasila menjadi karakter bangsa Indonesia,” imbuhnya.

Narasumber kedua, Amrizal Fahmy menyampaikan tentang internalisasi nilai-nilai Pancasila dan wawasan kebangsaan.

Sementara narasumber ketiga adalah seorang motivator psikologi yang dikenal dengan nama Bunda Cinta memberikan motivasi kepada para peserta bahwa perubahan ke arah yang lebih baik harus dimulai dari diri sendiri, mindset kita sendiri.

“Konsep diri positif generasi muda yaitu positive thinking, positive feeling, positive speaking dan positive acting,” katanya.

Selanjutnya, narasumber keempat adalah Ketua Komisi A DPRD DIY bidang pemerintahan, Eko Suwanto yang menyosialisasikan secara garis besar Peraturan Daerah (Perda) Provinsi DIY Nomor 1 Tahun 2022 tentang Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan.

“Para pemuda diharapkan bisa mengaplikasikan Pancasila secara kekinian yakni sesuai perkembangan zaman, melalui transformasi digital dan kesenian yang sesuai budaya luhur bangsa Indonesia umumnya dan budaya Yogyakarta khususnya,” ujarnya.

Disampaikan Eko, nilai-nilai Pancasila sebenarnya memang berasal dari budaya bangsa Indonesia dan sudah menjadi karakter bangsa yang biasa dipraktekkan dalam kehidupan sehari hari. Oleh karenanya, Eko mengajak generasi muda untuk kembali mengenal sejarah dan tokoh-tokoh bangsa, mengunjungi tempat-tempat bersejarah dan budaya khususnya di Yogyakarta, agar lebih mengenal nilai-nilai luhur Pancasila.

Eko juga meminta Kesbangpol DIY agar segera mengagendakan acara studi wisata ke tempat-tempat bersejarah dan budaya di Yogyakarta, “Bagi para peserta acara Sinau Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, armada transportasi akan disiapkan,” tutupnya.

About LDII DIY

Check Also

Hari Santri Nasional: PC LDII Kalasan gelar pengajian akbar

“Indonesia tidak hanya membutuhkan generasi yang cerdas, namun butuh tekad kuat membara dalam menggapai cita-cita” …

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.