Home / Kegiatan / Pelantikan dan Persami Sako Pramuka

Pelantikan dan Persami Sako Pramuka

rsz_pelantikan_sakocab_bantul_20_aret_2015_57Bantul (20/03) – “Salam Pramuka”, kalimat tersebut mungkin tidak asing lagi bagi sebagian orang ketika mengikuti kegiatan kepramukaan. Untuk membangkitkan kembali semangat kepramukaan, pada tanggal 20–22 Maret 2015 Satuan Komunitas Pramuka “Sekawan Persada Nusantara” tingkat Cabang Kabupaten Bantul menyelenggarakan Pelantikan dan dilanjutkan dengan kegiatan Persami (Perkemahan Sabtu Minggu).

Kepramukaan merupakan proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, dan praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, yang tujuan akhirnya adalah pembentukan watak, akhlak, dan budi pekerti yang luhur. Pramuka sendiri merupakan singkatan dari Praja Muda Karana yang memiliki arti Orang Muda yang Suka Berkarya.

Pelantikan Satuan Komunitas (Sako) Pramuka tingkat Cabang Kabupaten Bantul dilaksanakan di halaman Masjid Al Barokah Kranggan, Bantul dengan dihadiri oleh perwakilan pengurus Sako Pramuka tingkat desa yang ada di sebagian Kabupaten Bantul. Perwakilan pengurus Sako Pramuka tersebut terdiri dari Ketua Putra dan Putri, Pembina Putra dan Putri serta Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus).

Susunan acara pelantikan Sako terdiri dari pembukaan, pembacaan ayat suci Al Qur’an, menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian acara inti yaitu pelantikan pengurus Sakocab oleh Kwarcab Kabupaten Bantul dengan mengucapkan Ikrar Pengurus Sako yang dibacakan oleh Ketua Sakocab Kabupaten Bantul dan diikuti oleh semua peserta. Setelah itu dilanjutkan dengan penandatanganan Ikrar Pengurus Sako Sekawan Persada Nusantara Tingkat Cabang Kabupaten Bantul Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Bantul Masa Bhakti 2015-2019 oleh Drs. Tafif Raharjo selaku Ketua. Acara dilanjutkan sambutan oleh Ketua Sakocab Kabupaten Bantul, sambutan perwakilan dari Kecamatan Kranggan, kemudian doa bersama dan penutup.

Tafif Raharjo dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakannya pelantikan ini adalah untuk melantik dan meresmikan pengurus Sakocab Sekawan Persada Nusantara Kabupaten Bantul yang dilakukan oleh Kwarcab Kabupaten Bantul.

Perkemahan Sabtu Minggu (Persami)

Pada tanggal 21-22 Maret 2015 acara dilanjutkan dengan kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) yang diikuti oleh 10 Gugus Depan (Gudep) dan 16 Sangga se-Kabupaten Bantul bagian selatan dan dilaksanakan di Bumi Perkemahan Dewa Ruci, Kabupaten Bantul. Acara dimulai tanggal 21 Maret 2015 dari pagi hingga malam hari dengan kegiatan pendirian tenda, upacara pembukaan, materi pramuka dasar dari Kwartir Cabang (Kwarcab) Bantul, susur pantai dan api unggun serta pentas seni.

Kegiatan pada hari pertama sangat meriah dan mendapat antusias dari para peserta. Kegiatan hari kedua, Minggu (22/03) dilaksanakan dengan kegiatan yang tak kalah meriah yaitu outbond dari pagi hari sampai menjelang siang hari kemudian dilanjutkan bongkar tenda dan penutup. Uniknya dari kegiatan ini adalah meskipun peserta tidak semuanya berstatus pelajar namun para peserta diminta layaknya melaksanakan kegiatan kepramukaan di sekolah-sekolah. Para peserta dibuat kelompok-kelompok regu yang terdiri dari 5-10 orang dan masing-masing kelompok harus mempunyai nama kelompok serta bendera kelompoknya.

rsz_img_0972

Outbond yang dilaksanakan antara lain permainan menara air, spongesbob, sirkuit ball, akal dan okol, spiderman dan masih ada permainan lain yang tentunya lebih menarik. “Tujuan dilaksanakan outbond ini adalah untuk meningkatkan keakraban para peserta melalui kekompakan dan kerjasama yang baik dalam menyelesaikan permainan, selain itu untuk melatih kemandirian para peserta” ujar Winta selaku panitia.

Salah satu peserta dari kegiatan ini, Rosyid menyampaikan bahwa “senang sekali mengikuti kegiatan ini, selain itu temanya menyatu dengan alam sehingga peserta lebih bisa mengenal alam di sekitarnya”. Tempat dari kegiatan ini pun berbeda dari kebiasaan pada umumnya, yang biasanya di bumi perkemahan didalam kota atau didaerah dingin, namun kegiatan ini bertempat di dekat pantai yang jaraknya kurang lebih hanya 500m dari pantai, sehingga para peserta dapat langsung menikmati keindahan alam pantai di sekitarnya.

“Sangat luar biasa sekali, karena kegiatan ini yang pertama diadakan di Bantul, dengan adanya kegiatan ini bertujuan sebagai wadah pembinaan bagi generasi muda khususnya yang beragama islam sehingga mental dan keterampilannya dapat diasah, selain itu dari segi agama juga menjadi lebih mantap dan dapat memahami agama secara menyeluruh” ungkap Muhammad Fauzan Hanif selaku pembina dan pengisi dari Kwarcab Bantul.

Selain itu Hanif berharap agar Sako ini lebih banyak kegiatannya dan dapat merangkul kaum muda di Bantul khususnya agar lebih berkualitas, baik dari segi agama dan keterampilan softskill maupun hardskill. (Uyun/LINES)

About LDII DIY

Check Also

Tribun Jogja: Pengurus DPD LDII Kota Yogyakarta Dikukuhkan

Kepengurusan baru Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kota Yogyakarta masa bakti …

2 comments

  1. Lancar barokah Sako Pramuka
    salam pramuka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.